Fungsi Picking dan Putaway di Software WMS

Fungsi Picking dan Putaway pada Warehouse Management System (WMS)

 

Pendahuluan

 

Warehouse Management System (WMS) adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mengoptimalkan dan mengelola operasi gudang, termasuk pengelolaan stok barang, penerimaan barang, penyimpanan, pengambilan (picking), dan pengiriman. Di antara berbagai fungsi yang ada, picking dan putaway memainkan peran penting dalam efisiensi operasional gudang. Artikel ini akan membahas secara mendalam fungsi picking dan putaway dalam WMS, bagaimana teknologi ini bekerja, serta manfaatnya bagi operasi gudang.

 

 

Definisi Picking dan Putaway

 

Picking

 

Picking adalah proses pengambilan barang dari lokasi penyimpanan di gudang untuk memenuhi pesanan pelanggan. Proses ini melibatkan identifikasi, pengambilan, dan pengumpulan barang yang sesuai dengan pesanan. Picking adalah salah satu aktivitas paling kritis dan memakan waktu dalam operasi gudang karena mempengaruhi waktu pemenuhan pesanan dan tingkat akurasi pengiriman.

 

Putaway

 

Putaway adalah proses penyimpanan barang yang baru saja diterima ke lokasi yang tepat di gudang. Proses ini mencakup identifikasi lokasi penyimpanan yang optimal berdasarkan berbagai faktor seperti jenis barang, frekuensi pengambilan, dan ketersediaan ruang. Putaway yang efisien memastikan bahwa barang-barang disimpan dengan cara yang memaksimalkan penggunaan ruang dan mempermudah proses pengambilan di masa depan.

 

 

 

Fungsi Picking dalam WMS

 

Jenis-jenis Picking

 

1. Order Picking

Order picking adalah metode di mana satu pesanan diambil satu per satu. Ini biasanya digunakan untuk pesanan dengan jumlah item yang sedikit.

 

2. Batch Picking

Batch picking adalah metode di mana beberapa pesanan digabungkan dan diproses dalam satu batch. Ini meningkatkan efisiensi dengan mengurangi jumlah perjalanan yang diperlukan untuk mengambil barang.

 

3. Zone Picking

Dalam zone picking, gudang dibagi menjadi beberapa zona, dan pekerja hanya mengambil barang dari zona yang ditugaskan kepada mereka. Pesanan kemudian dikonsolidasikan di area pengemasan.

 

4. Wave Picking

Wave picking menggabungkan elemen-elemen dari batch dan zone picking. Pesanan dikelompokkan dalam “wave” dan diambil berdasarkan prioritas waktu pengiriman atau tipe pelanggan.

 

 

Teknologi dalam Picking

 

1. Barcode Scanning

Teknologi barcode scanning memungkinkan pekerja untuk memindai barcode pada item untuk memastikan akurasi pengambilan dan pembaruan stok barang secara real-time.

 

2. Pick-to-Light

Sistem pick-to-light menggunakan lampu dan tampilan digital di lokasi penyimpanan untuk memandu pekerja ke barang yang harus diambil. Ini mempercepat proses pengambilan dan mengurangi kesalahan.

 

3. Voice Picking

Voice picking menggunakan perintah suara untuk memberi tahu pekerja barang yang harus diambil. Sistem ini memungkinkan pekerja menggunakan kedua tangan mereka secara bebas, meningkatkan efisiensi dan keselamatan.

 

 

 

Manfaat Picking yang Efisien

 

1. Pengurangan Waktu Pengambilan

Teknologi picking yang efisien mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengambil barang, meningkatkan produktivitas dan mempercepat pemenuhan pesanan.

 

2. Peningkatan Akurasi

Dengan bantuan teknologi seperti barcode scanning dan pick-to-light, kesalahan pengambilan dapat diminimalkan, meningkatkan akurasi pesanan dan kepuasan pelanggan.

 

3. Optimalisasi Tenaga Kerja

Metode dan teknologi picking yang efisien memungkinkan pemanfaatan tenaga kerja yang lebih baik, mengurangi kelelahan pekerja, dan meningkatkan keselamatan.

 

 

 

Fungsi Putaway dalam WMS

 

Proses Putaway

 

1. Penerimaan Barang

Barang yang diterima di gudang dicatat dan diperiksa untuk memastikan kualitas dan kuantitas sesuai dengan pesanan pembelian.

 

2. Identifikasi Lokasi Penyimpanan

WMS mengidentifikasi lokasi penyimpanan yang optimal berdasarkan parameter seperti tipe barang, ukuran, dan frekuensi pengambilan.

 

3. Pengarahan Putaway

Pekerja diarahkan ke lokasi penyimpanan yang telah ditentukan oleh WMS untuk menyimpan barang secara efisien.

 

4. Pembaruan Stok barang

Setelah barang ditempatkan di lokasi penyimpanan, stok barang diperbarui secara real-time untuk mencerminkan lokasi baru barang tersebut.

 

 

 

Teknologi dalam Putaway

 

1. Barcode and RFID

Barcode dan RFID digunakan untuk mencatat dan melacak pergerakan barang selama proses putaway, memastikan akurasi dan pembaruan data stok barang secara real-time.

 

2. Mobile Devices

Perangkat mobile seperti handheld scanner dan tablet memungkinkan pekerja untuk mengakses informasi WMS dan menerima instruksi putaway di mana saja di dalam gudang.

 

3. Automated Guided Vehicles (AGVs)

AGVs dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses putaway, mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja manual dan meningkatkan efisiensi operasional.

 

 

 

Manfaat Putaway yang Efisien

 

1. Optimalisasi Penggunaan Ruang

Putaway yang efisien memastikan bahwa ruang gudang digunakan secara optimal, mengurangi kebutuhan akan perluasan fisik dan biaya terkait.

 

2. Peningkatan Kecepatan Pengambilan

Dengan menyimpan barang di lokasi yang strategis, waktu pengambilan barang dapat dikurangi, meningkatkan efisiensi proses picking.

 

3. Pengurangan Kesalahan Stok barang

Teknologi putaway yang akurat memastikan bahwa data stok barang selalu up-to-date, mengurangi kesalahan dan meningkatkan keandalan informasi stok barang.

 

 

 

Integrasi Picking dan Putaway dalam WMS

 

Workflow yang Terintegrasi

 

Integrasi antara fungsi picking dan putaway dalam WMS menciptakan aliran kerja yang lancar. Setelah barang diterima dan diproses melalui putaway, data lokasi penyimpanan diperbarui dan tersedia untuk proses picking. Ini memastikan bahwa barang dapat ditemukan dan diambil dengan cepat dan akurat.

 

Analitik dan Pelaporan

 

WMS yang canggih menyediakan analitik dan pelaporan yang memungkinkan manajer gudang untuk memantau kinerja proses picking dan putaway. Data ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan, mengoptimalkan strategi penyimpanan, dan mengurangi waktu siklus.

 

Kustomisasi dan Fleksibilitas

 

WMS modern menawarkan fleksibilitas dan kustomisasi untuk mengakomodasi kebutuhan khusus dari berbagai industri. Sistem dapat disesuaikan untuk mendukung berbagai metode picking dan strategi putaway, memastikan bahwa gudang dapat beroperasi dengan efisiensi maksimal sesuai dengan kebutuhan bisnis yang spesifik.

 

 

 

Kesimpulan

 

Fungsi picking dan putaway dalam Warehouse Management System (WMS) adalah komponen kritis dalam manajemen operasi gudang yang efisien. Teknologi modern telah membawa inovasi signifikan dalam cara kedua proses ini dilakukan, dari penggunaan barcode dan RFID hingga implementasi sistem pick-to-light dan voice picking. Dengan mengoptimalkan picking dan putaway, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Penerapan WMS yang efektif, dengan integrasi yang baik antara fungsi picking dan putaway, memungkinkan perusahaan untuk menghadapi tantangan operasional gudang dengan lebih baik, serta mencapai keunggulan kompetitif dalam pasar yang semakin kompleks dan dinamis. Dengan terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru, perusahaan dapat memastikan bahwa operasi gudang mereka tetap efisien, akurat, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *